Senin, 29 Juni 2015

Tagged Under: ,

FILOSOFI BANGUNAN TWIN TOWER DI UINSA

By: Kolis On: 07.14
  • Share The Gag
  • Proses pembangunan Twin Tower yang saat ini sedang berlangsung di kampus UIN Sunan Ampel Surabaya, mempunyai filosofi desain bangunan tersendiri. Desain dan filosofi bangunan berasal dari pihak IDB (International Development Bank) yakni salah satu badan pengembang bangunan yang bergerak di bidang pendidikan.  Desain itu disesuaikan dengan desain bangunan kampus Universitas Islam lainnya di Indonesia, seperti UIN Maliki yang terletak di Kota Malang.  IDB adalah sebuah bank international yang memiliki misi untuk mengembangkan peradaban islam melalui bidang pendidikan. Salah satu kegiatannya adalah memberikan bantuan  dana untuk pembanguan sarana dan prasarana di bidang pendidikan tinggi islam di negara-negara berkembang. 
    Dalam pembangunan  gedung-gedung ini, desain bernuansa timur tengah dipilih sebagai desain yang sesuai dengan nuansa pendidikan Islam dengan tujuan untuk menonjolkan nuansa islam yang khas. Ciri khas ini digambarkan melalui sebuah bangunan kampus dengan alasan bahwa bangunan serta nuansa keislaman kampus merupakan hal pertama yang akan orang lihat sebelum mereka memutuskan memilih sebuah kampus untuk menimba ilmu.
    Filosofi  desain bangunan Twin Tower bagi UIN Sunan Ampel sendiri  adalah adanya 2 menara kembar dan satu jembatan penguhubung di antara kedua menara, maksudnya  adalah mencerminkan keseimbangan antara ilmu dunia dan ilmu agama yang dapat dipelajari di kampus UIN. Sesuai dengan misi UINSA poin satu, yakni menyelenggarakan pendidikan ilmu-ilmu keislaman multidisipliner serta sains dan teknologi yang unggul dan berdaya saing.

    0 komentar:

    Posting Komentar